8963850-batik-background

Pembelajaran Bahasa

PEMBELAJARAN BAHASA

Di gunakan istilah pembelajaran bahasa karena di yakini bahwa bahasa kedua dapat di kuasai hanya dengan proses belajar, dengan cara sengaja dan sadar. Istilah pembelajaran bahasa di gunakan untuk mengacu pada penguasaan bahasa- kedua, baik yang di lakukan secara formal maupun informal. Namun secara informal di dalam masyarakat sekitar kehidupan si pembelajaran. Namun, dalam pembicaraan selanjutnya, tampak pembelajaran bahasa ini lebih mengacu pada pendidikan formal.

 

  • Dua Tipe Pembelajaran Bahasa

Ellis (1986:215) menyebutkan adanya tipe pembelajaran bahasa yaitu:

  Tipe Naturalistik

Bersifat alamiah, tanpa guru dan tanpa kesengajaan.Pembelajaran berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat.

  Tope Formal

Berlangsung di dalam kelas dengan guru, materi dan alat-alat bantu belajar yang sudah di persiapkan.

 

  • Sejarah Pembelajaran Bahasa

Kapan mulai adanya pembelajaran bahasa tidak di ketahui deengan pasti. Yang jelas adanya pembelajaran bahasa ini adalah sejak adanya interaksi antara dua masyarakat atau lebih yang memiliki bahasa yang berbeda.Ada beberapa tahap perubahan bahasa antara lain:

Tahap pertama,periode antara 1880-1920. Pada tahap ini terjadi rekonstruksi bentuk-bentukmetode langsung yangpernah di gunakan atau di kembangkan pada zaman yunani dulu.

Tahap kedua, periode antara tahun1920-1940. Pada masa ini di amerika dan kanada terbentuk forumbelajar bahasa asing yang dikemudian menghasilkan metode-metodeyang bersifat kompromi.

Tahap ketiga, periode antara 1940-1970. Yang kemunculanya di latar belakangi oleh situasi peperangan (perang dunia II). Pada tahap ini secara teori di bagi tiga periode, yaitu 1940-1950, periode 1950-1960, dan periode 1960-1970.

 

  • Faktor-faktor Penentu Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua

Berbagai faktor, variabel, dan kendala menentukan berhasil tidaknya pembelajaran bahasa kedua ini. Dalam subbab berikut akan di bicarakan beberapa faktor yang di bicarakan orang karena berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran bahasa kedua itu.

  • Faktor Motivasi

Dalam kaitanya dengan pembelajaran bahasa kedua, motivasi itu mempunyai dua fungsi, yaitu:

      Fungsi integratif

Berfungsi kalau motivasi itu mendorong seseorang untuk mempelajari suatu bahasa karena adanya keinginan untuk berkomunikasi dengan masyarakat penutur bahasa itu atau menjadi anggota masyarakat bahasa tersebut.

      Fungsi instrumental

Kalau motivasi itu mendorong sesorang untuk memiliki kemauan untuk mempelajari bahasa kedua itu karena tujuan yang bermanfaat.

 Faktor Usia

Dari hasil penelitian tersebut di simpulkan bahwa faktor umur, yang tidak di pisahkam dari faktor lain, adalah faktor yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa kedua. Perbedaan umur mempengaruhi kecepatan dan keberhasilan belajar bahasa kedua pada aspek fonologi, morfologi, morfologi dan sintaksis, tetapi tidak berpengaruh dalam pemerolehan urutanya.

 Faktor Penyajian Formal

Pembelajaran atau penyajian pembelajaran bahasa secara formal tentu memiliki pengaruh terhadap kecepatan dan keberhasilan dalam memperoleh bahasa kedua karena berbagai faktor dan variabel telah di siapkan dan di adakan dengan sengaja. Demikian juga keadaan lingkungan pembelajaran bahasa kedua secara naturalistik atau alami.

 Faktor Bahasa Pertama

Melalui analisis kontrasif akan dapat di ketahui tingkat kesamaan dan perbedaan antara bahasa pertama dan bahasa kedua.Dari analisis kontrsif dapat di ketahui bahwa bahasa pertama memiliki pengaruh terhadap proses penguasaan bahasa kedua.

 Faktor Lingkungan

Yang termasuk dalam lingkungan bahasa adalah situasi di restoran atau di toko, percakapan dengan kawan-kawan, ketika menonton televisi, membaca buku-buku pelajaran, dan sebagainya.

 .

.

Sumber

 

Dardjowidjojo, soejono (Edit). Language Neurologi. PELBA 4. Jakarta:Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya. 1991.

Dardjowidjojo, Soejono. “ Pemerolehan Fonologi dan Semantik PadaAnak:           Kaitannya    dengan    penderita    Afasia”. 1991.

.

.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s