MEMBACA KREATIF

Membaca kreatif adalah kegiatan membaca yang tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, makna antar baris, tetapi juga mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan sehari-hari.

 

Membaca kreatif yaitu membaca untuk mendapatkan nilai tambahan dari pengetahuan yang terdapat dalam bacaan dengan cara mengidentifikasi ide-ide yang menonjol atau mengombinasikan pengetahuan yang sebelumnya pernah diciptakan.

 

Istilah kreatif berarti tindak lanjut setelah seseorang melakukan kegiatan membacanya. Jika seseorang membaca lalu berhenti pada saat ia telah menutup bukunya, maka dirinya tidak dikatakan sebagai pembaca kreatif. Sebaliknya jika setelah membaca dia melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi peningkatan kehidupan baru ia dikatakan sebagai pembaca yang kreatif (Nurhadi, 1984).

 

Dalam membaca kreatif, pembaca dituntut untuk mencermati ide-ide yang dikemukakan penulis, kemudian membanding-bandingkannya. Yang lebih penting pada kegiatan membaca kreatif itu tidak sekedar menangkap makna dan maksud isi bahan bacaan, tetapi juga menerapkan ide-ide atau informasi yang tertuang dalam bacaan di kehidupan sehari-hari, khususnya untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Pembaca juga diharapkan dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidupnya berdasarkan informasi dari bacaannya. Dengan menerapkan informasi diharapkan kualitas hidup pembaca akan lebih terarah dan meningkat. Kalau ternyata begitu selesai membaca tidak ada tindak lanjutnya, berarti ia bukan pembaca kreatif.

 

Dalam diri seorang pembaca kreatif secara otomatis akan tampak sejumlah kemajuan, baik dalam aspek kognitif, efektif maupun psikomotor. Dengan kata lain, tingkatan membaca pemahaman kreatif lebih tinggi dari membaca pemahaman literal, interpretatif dan kritis.

 

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa membaca kreatif adalah sebuah proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan baru yang terdapat dalam sebuah bacaan, kemudian melakukan komparasi perbandingan dengan pengetahuan-pengetahuan yang pernah kita dapatkan sebelumnya (skemata).

 

Manfaat Membaca Kreatif

Dari penjelasan mengenai pengertian membaca pemahaman kreatif, maka bagi seorang pembaca, dengan melakukan tindak lanjut setelah membaca atau melakukan membaca pemahaman kreatif, maka membaca pemahaman kreatif memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Dengan membaca, kita dapat menerapkan berbagai knowledge baru yang kita peroleh untuk mengembangkan karir. Berbagai pengetahuan terdapat dalam beragam jenis buku bacaan. Setiap pembaca membaca maka pembaca akan mendapat pengetahuan yang baru dan pengetahuan tersebut akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan karir pembaca.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang sesuai kebutuhan masing-masing. Pengetahuan baru yang kita dapatkan dari membaca dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan kita.
  3. Manfaat penting yang dapat dipetik dari proses membaca pemahaman kreatif salah satunya adalah untuk menulis. Semakin banyak pengetahuan yang didapatkan melalui bacaan maka akan semakin mudah untuk menulis dan kita juga bisa praktik menulis sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam buku.
  4. Membaca kreatif akan memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang. Misalnya wacana tentang siraman rohani, pemikiran para budayawan, informasi cara merawat kesehatan tubuh, imformasi cara membuat makanan atau barang.
  5. Memberikan informasi soal cara memanfaatkan lahan milik kita, misalnya membudidayakan tanaman hias, tanaman obat dan lain-lain. Apabila anda tertarik untuk memelihara ternak atau tanaman, dari buku pun anda dapat belajar cara merawatnya, memilih pupuk atau pakan yang diperlukan dan sebagainya.
  6. Untuk menambah pengetahuan antara lain cara membuat bangunan dan menata ruangan secara artistik, termasuk cara merenovasi suatu bangunan agar terkesan lebih nyaman dam indah.

Dari penjelasan di atas, maka diketahui bahwa membaca pemahaman kreatif sangat bermanfaat bagi kita. Membaca pemahaman kreatif dapat meningkatkan kualitas hidup kita mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana hingga suatu pekerjaan yang besar. Oleh karena itu setiap pembaca diharakan menjadi pembaca yang kreatif.

 

Tujuan Membaca Kreatif

Membaca kreatif pada umumnya memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan dalam membaca kreatif adalah sebagai berikut:

  1. Memahami informasi secara lebih mendalam.
  2. Mengetahui sesuatu dengan lebih mendalam.
  3. Membaca kreatif bertujuan agar para mahasiswa teranpil berkreasi dalam hal-hal dramatisasi, interpretasi lisan atau musik, narasi, ekspresi tulis dan ekspresi visual.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca kreatif pada dasarnya bertujuan untuk memahami sesuatu dengan lebih tepat dan mendalam serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ciri-Ciri Membaca Kreatif

Membaca kreatif memiliki beberapa ciri yang berbeda dari membaca pemahaman yang lain. Menurut Nurhadi (1984) mengatakan bahwa sebagai seorang pembaca yang kreatif harus dapat memebuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Kegiatan membaca tidak berhenti pada saat menutup buku. Artinya harus ada tindakan lanjutan setelah kegiatan membaca tersebut selesai.
  2. Mampu menerapkan hasil membacanya untuk kepentingan sehari-hari. Yang berarti bahwa ilmu pengetahuan yang diperoleh setelah membaca mampu memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Munculnya perubahan sikap dan tingkah laku setelah proses membaca selesai. Pengetahuan yang diperoleh setelah membaca menambah kematangan sikap, cara berpikir kreatif dan logis sehingga sikap dan tingkah laku yang dilakukan selalu dipikirkan dengan baik dan tidak sembarangan/sembrono.
  4. Hasil membaca berlaku sepanjang masa. Hasil dari membaca kreatif tidak akan mudah dilupakan dalam waktu yang singkat. Hal ini karena adanya pemahaman yang mendalam tentang informasi tersebut.
  5. Mampu menilai membaca secara kritis dan kreatif bahan-bahan bacaan.
  6. Mampu memecahkan masalah kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil yang dibaca.

Untuk membaca kreatif perlu diadakan latihan serangkaian keterampilan. Beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang pembaca kreatif adalah:

  1. Keterampilan mengikuti petunjuk dalam bacaan kemudian menerapkannya.
  2. Keterampilan membuat resensi buku.
  3. Keterampilan memecahkan masalah sehari-hari melalui teori yang disajikan dalam buku.
  4. Keterampilan mengubah buku cerita prosa (cerpen, novel) menjadi bentuk naskah drama atau sandiwara.
  5. Keterampilan mengubah puisi menjadi prosa.
  6. Keterampilan mementaskan naskah drama yang dibaca.

 

Membaca kreatif dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Menarik kesimpulan dari fakta yang dibaca.

Dalam hal ini seorang pembaca bisa menyimpulkan teks wacana yang telah dibacanya. Bila ia mampu membuat kesimpulan hal tersebut menandakan ia telah mampu menangkap dan memahami isi bacaan.

 

  • Melanjutkan pemikiran penulis

Melanjutkan pemikiran penulis berarti bahwa pembaca secara kreatif mengambangkan sendiri gagasan dari bacaan yang telah mampu dipahaminya.

 

Dalam membaca pemahaman kreatif, untuk mampu memahami pikiran pengarang diperlukan beberapa ketangkasan dalam belajar yang meliputi:

  1. Melihat rencana pengarang.
  2. Mengerti gagasan inti.
  3. Menangkap fakta-fakta dan detail-detail yang penting.
  4. Menghubung-hubungkan fakta-fakta dan merangkum apa yang disampaikan oleh pengarang melalui teks bacaan.
  5. Mendapatkan kesan umum dari buku atau karangan.

2 thoughts on “MEMBACA KREATIF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s