DRAMA >< TEATER

Pengertian drama dan teater kadang belum begitu jelas bagi sebagian orang sehinga sering tertukar dalam penggunannya. Benarkah jika dikatakan “Saksikan drama Sangkuriang, besok” ?

Kalau memang benar, berarti drama dan teater adalah satu hal yang sama? Oleh karena itu lah kita harus mengkaji kedua kata tersebut secara hakiki (esensial).

Hakikat adalah sesuatu yang wajib ada pada hal yang dimaksudkan. Drama berasal dari bahasa Yunani “Draomai”  yang artinya gerak, aksi atau perbuatan. Hakikat drama adalah tikaian atau konflik, yang dikembangkan melalui cakapan (dialog, monolog) dalam wujud naskah atau tulisan. Jadi yang dimaksudkan dengan drama adalah teks naskah suatu cerita yang dibuat untuk dipentaskan. Sehingga bukan sesuatu yang tepat kalau kita mengatakan ‘nonton drama’ karena drama bukan untuk ditonton tapi dibaca. Drama termasuk ke dalam bentuk karya sastra, bersama dengan dua koleganya yaitu puisi dan prosa.

Sedangkan teater adalah perwujudan dari drama. Tujuan dari pembuatan suatu naskah drama adalah untuk dipentaskan, dan pementasannya inilah yang disebut sebagai teater (Theatron, Yunani, arti: takjub, melihat, memandang). Teater dapat dikatakan sebagai seni yang komplek, karena dalam pementasannya melibatkan berbagai macam seni seperti seni musik, seni tari, seni peran dan lain-lain.

Sehingga perbedaan diantara keduanya jelas terlihat yaitu:

Drama

–      Berupa dokumen/naskah/teks

–      Belum dipentaskan

–      Dibaca

Teater

–      Berupa tampilan panggung/pementasan

–      Didukung oleh pemain dan property

–      Ditonton/disaksikan

Karena itu saat kita hendak melihat/membuat poster tentang suatu lakon, dapat digunakan pemilihan kalimat seperti “Saksikanlah Teater …..” atau “Saksikanlah Pementasan Drama …….”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s